Wednesday 11 July 2018

One day trip to Pulau Sepa


Berlibur sebentar dari hiruknya kota metropolitan, Jakarta, banyak orang memilih Kepulauan Seribu sebagai tujuan wisata. Pulau Sepa―salah satu pulau resort di Kepulauan Seribu―wajib kamu coba kunjungi karena memiliki daya pikat dengan pantainya yang biru cerah dan keindahan pasir putih membentang. Pulau Sepa terletak di gugusan Teluk Jakarta, Laut Jawa, tidak dihuni oleh penduduk. 
Take a break from metropolitan city, Jakarta, many people choose Kepulauan Seribu as their destination. Sepa Islandone of the resort island in Kepulauan Seribuis a stunning island near Jakarta. Sky is so blue, the shine bright sun, and beautiful white sand beaches. Sepa island is located in Jakarta Bay, Java Sea, and no inhabitants.

PRICE 2018
One day trip  IDR 900,000 (incl. welcome drink, lunch and kayak/kano)
2D1N IDR 1,500,000 (start from)

Time Schedule
07.30 WIB - meeting point pier 19 , Marina Ancol
08.00-10.00 WIB - heading for Sepa
10.00-12.00 WIB - free time
12.00-13.30 WIB - lunch
14.00 WIB back to Marina Ancol 

An iconic Sepa's welcome gate
Setelah turun dari kapal, kami langsung disambut senyuman ramah dan minuman selamat datang. Kami pun menuju Front Office untuk menunjukkan voucher. Bagi yang tidak menginap, mereka memberikan  kunci loker untuk menyimpan barang-barang. Setelah menyimpan barang, kunci dapat dititip di FO kalau mau aktivitas di pantai.
After disembark from the boat, they welcome us friendly with a welcome drink. We walk to Front Office then show our voucher. For those who will not stay in Sepa, they give us locker key to store our luggages. Once we store our bags, we give the key back to FO so they can keep them while we are exploring the island.  
Luggage locker

Aktivitas selama di Pulau Sepa:
Activities while in Sepa
1. Hunting foto 
Tidak akan ada yang menolak hunting foto berlatarkan birunya langit, degradasi warna laut yang kristal, dan pasir putih yang membentang. Indaaaaaaahh banget, indahnya menghipnotis, seperti bukan lagi di Pulau Jawa. 😍😍😍
Kami tidak sempat berkeliling Pulau Sepa, kami hanya punya waktu untuk di bagian depannya saja. Di bagian depan ini terdapat  dua dermaga dan pantai yang tepat untuk berfoto.
No one could resist taking picture with a stunning nature background, sky is so blue, degradation color of the crystal sea, and white sand beaches. Sooo gorgeous, I/m mezmerized. 😍😍😍
We have not much time to go around the Sepa, we just have time to explore front area. There are two piers and beach there.

Look at this stunning beach!

2. Bersantai/Berenang/Berjemur
Relaxing/Swimming/Sunbathing
Pada dasarnya, berlibur tidak melulu soal koleksi foto, tapi tentang bagaimana kita bisa menikmati setiap momen dan mensyukuri setiap tarikan nafas ditemani semilir angin, suara ombak ditambah cerahnya matahari. Just cherish every moment!
Berenang di pantai sekitaran Pulau Sepa juga menyenangkan dan menyegarkan karena tidak terlalu ramai dan biru air lautnya bikin nagih pengen masuk ke dalam air terus.
Vacation is not just about collecting pictures, but how we can enjoy every moment and be grateful every breath we take, along with the sound of a gentle wind and waves plus sunshine. Just cherish every moment! 
Swimming in Sepa beach is so fun and relaxing too! Not too crowded and its blue water is soooo addicted.

3. Bermain kayak/kano
Kayaking/Canoeing
Paket tour termasuk bermain kayak selama maksimal 1 jam. Siapkan tenaga dan jangan lupa mengenakan pelampung, lalu kayuh kayak sesuka hati. Sedikit tips, buat yang pertama kali bermain kayak baik single maupun double: kalau ingin berbelok ke kiri maka gerakkan sambil tahan dayung sebelah kiri saja,  dari belakang ke depan berulang kali sampai bisa belok sesuai keinginan. Begitu juga sebaliknya kalau ingin belok ke kanan.
Tour packet include paddling kayak for an hour. Prepare your energy and don't forget to wear a life vest, then paddle kayak as much as you want. 
Paddling single kayak.

Fasilitas:
Facilities:
Apakah ditemani guide? Tentu tidak. Mau ngapain aja terserah. Yang penting, jam 2 sore sudah pulang.
Is there any guide accompany us? Of course not. We can do whatever we want. As long as, by 2 pm we have to standby at Sepa Pier.

Untuk kamar bilas, toilet, dan kamar ganti, kebersihannya tidak diragukan. Pulau Sepa memiliki kamar bilas yang bersih, air cukup, meskipun hanya ada dua bilik untuk toilet dan 3 bilik untuk kamar bilas. Menurut saya, ketersediaan kamar bilas terlalu sedikit untuk pengunjung one day tour
Sepa has clean shower room, toilet, and changing room. There are 3 shower rooms and 2 toilets. In my opinion, the number of shower rooms is diproportionate to visitors.
Menu makan siang.

Hal yang disayangkan dari Pulau Sepa adalah makanannya yang tidak seperti ekpektasi. Dengan 900k, seharusnya mereka bisa menyajikan makanan yang lebih variatif dan enak. 😊
Sadly to say, but food is below expectation. We pay 900k, hoping for more menu variety  and more delicious food.

Tulislah pulau Sepa di weekend-get-away-list!
Pulau Sepa bisa dijadikan pilihan rehat sejenak, karena keindahan pantainya memang benar-benar elok, artistik, dan luas. Banyak ikan di dekat pantai, terutama dekat dermaga. Pulau Sepa merupakan pulau yang bersih, laut bersih, dan darat pun bersih sehingga tidak merusak pemandangan. Dan yang lebih penting, hanya berjarak dua jam dari Jakarta.

Put Sepa Island on your weekend-get-away-list!
Overall, Sepa Island can be your next destination for short vacay! Because it has beautifully clean beach, artistic, wide sand beaches, and not crowded. There were fish in abundance and another sea living to see. And more importantly, only 2 hours from Jakarta.

Catatan kecil:
Notes:
1. Sebelum memesan trip, pastikan kamu melihat ramalan cuaca terlebih dahulu.
1. Before book a trip, check the weather forecast first.
2. What to pack? Kalau saya, karena saya wanita dan berencana untuk basah-basah di laut, saya bawa handuk, baju ganti, baju renang, kain pantai, tabir surya, alat mandi, dan make up seadanya. 
2. What to pack? As a woman, I bring towel, another dress, swim suit, beach sarong, sunscreen, toilettries, and make-up.
3. Di Sepa juga ada snorkeling dan diving buat yang mau eksplore biota laut lebih dalam dengan biaya tambahan. Namun, keterbatasan waktu one day trip tidak memungkinkan untuk kegiatan di luar pulau.
3. If you want to explore more about sea living, Sepa offers snorkeling and diving with a charge fee. But, due to the limited time of one day trip, it is impossible to do activity outside island.
4. Pulau Macan atau Pulau Sepa? Sejauh ini, lebih enak makanan di Macan, kondisi juga lebih sepi dan santai di pulau Macan, secara keseluruhan Pulau Macan masih lebih juara dibanding Sepa.
4. Macan Island or Sepa Island? So far, I prefer Macan Island. More relaxing, quieter, has more delicious food and activities. Click here to read about Macan Island.

No comments:

Post a Comment