Sunday 10 June 2018

Yang Baru di Museum MACAN : Yayoi Kusama


Hai hai pembaca pecinta museum ataupun tidak begitu cinta museum tapi suka hunting foto untuk diunggah ke media sosial 😊
Nama museum MACAN (bukan hewan MACAN) terngiang di telinga kita, foto2nya banyak tersebar. Keberhasilan Museum MACAN (Modern and Contemporary Art in Nusantara) mencuri perhatian kaum milenial hingga keluarga—pernah saya review di sini—kini dibuka kembali dari 12 Mei-9 September 2018 dengan tema LIFE IS THE HEART OF RAINBOW oleh Yayoi Kusama. Lebih tepatnya lagi, dunia polkadot, jaring-jaring, labu, dan ruang tanpa batas.
Lokasi : AKR Tower, Kebon Jeruk, Jakarta Barat
Buka setiap : Selasa-Minggu 10am-7pm
Harga Tiket Masuk : Adult IDR 100,000
Waktu selama di museum : 2 jam

Tabel perbedaan museum MACAN.

Mari kita lihat cuplikan beberapa spot foto menarik dan terbaru di museum MACAN:

1. Dots Obsession - Infinity Mirrored Room
Instalasi pertama yang akan kita temukan adalah Dots Obsession, yang menjadi ikon polkadot atau totol-totol yang menjadi obsesi Yayoi Kusama. Kenapa sih sang seniman bisa segitu antusiasnya dengan polkadot? Entahlah kenapa. Tapi sejak  kecil, Yayoi mulai mengalami sebuah kondisi psikologis, dimana penglihatannya dipenuhi bidang polkadot, jaring, dan selubung padat.

Sebuah infinity room dengan totol totol hitam. Waktu yg diperbolehan adalah 45 detik.

2. Narcissus Garden
Instalasi ini terdiri dari bola logam yang tersebar di lantai. 
Waktu aku tanya mbak petugas,
Yopita :  Ini bolanya disusun berdasarkan apa ya mbak? Apakah ada sebuah bentuk kalau diliat dari atas?
Mbak petugas : Saya minta maaf, karena memang kami tidak tahu mengenai bentuk dan letak bola-bola logam ini. Tim Yayoi sendiri yang terjun langsung ke museum untuk menyusun bola logam ini.

I can see me inside the metal balls. Mungkin ini disebut narsis.
Ini adalah spot foto di bola logam ini. Harus jaga jarak aman dengan bola dan boalnya tidak boleh disentuh.

3. Pumpkin Room
Berikutnya, kita akan menemukan instalasi Pumpkin Room. Waktu diberikan untuk berada di dalam ruangan kuning ini adalah 1 menit untuk 15 orang sekali masuk dan diminta untuk melepaskan sepatu.

4. The Obliteration Room
Menurut saya, instalasi ini adalah yang paling menyenangkan! Pengunjung diajak untuk mengambil bagian dalam karya seni polkadot.
Sebelum masuk, pengunjung akan diberikan stiker polkadot dengan berbagai ukuran untuk boleh ditempelkan dimana aja dalam ruangan. Tentu saja boleh berfoto.

Semua karya Yayoi adalah kombinasi dots, nets, bunga, jaring-jaring yang aku melihatnya seperti jaringan kulit, bolong-bolong, dan masih banyak lainnya...mungkin bagi sebagian besar orang agak phobia melihat motif seperti itu. Saya juga agak 'iyuuhh'  melihat motif bolong2 terlalu banyak. hehehe
Atas : sebuah kotak kecil infinity. Bawah : Obliteration Room.

Sekian cerita yang sangat singkat tentang kunjungan ke Museum MACAN. Ingat untuk selalu mematuhi peraturan saat berkunjung di museum ini dan selalu jagalah kebersihan. Selebihnya, silakan datang dan saksikan langsung Life is The Heart of Rainbow.🌈

God bless you ^^


No comments:

Post a Comment