Wednesday 20 April 2016

Packing Light with pouch : what's on my backpack?

Simple! Konsep yg selalu saya pegang kalau mau packing kemanapun, termasuk perjalanan dinas dan jalan-jalan. Biasanya sih backpackeran.

Remember, just bring One Backpack and One Sling Bag

IMHO, Backpacker itu bawanya backpack dan tidak pakai paket tour and travel. Naik pesawat termasuk backpacker juga? Ya! Kadang kita para pekerja ini gak punya banyak cuti untuk ngeteng dengan Kereta Api, bus dan kapal *pembelaan* ;)

Jam terbang membuat anda semakin mengerti kebutuhan anda. Semakin sering jalan, barang bawaan saya semakin sedikit dan simple. Haha, karena saya semakin tahu, barang yang pasti akan saya pakai. Timing packing-nya juga makin cepat, biasanya 1x24 jam bahkan 1x12 jam sebelum berangkat ;)
sesaat sebelum mendarat di Soetta

Yang saya siapkan sebelum packing :

1.     Memikirkan padanan baju apa yang akan dipakai di sana!
Sebagai wanita, saya tetap mengutamakan fashion yang kece DEMI foto yang lebih indah. Terutama nih kalo itinerarynya ke pantai, awwww, mikir langsung padu padan pakaian yang sesuai. Dan ini penting untuk menghindari membawa baju yang tak terpakai.
2.     Membuat daftar barang yang akan dibawa, di atas post it! 

3.     Menyiapkan segala macam tas

a.     Tas Palazzo, hasil Diklat Prajab. Tas ini selalu saya bawa selama tahun 2015 kalau dinas dan jalan, bentuk dan warna netral serta muat semua barang yang saya perlukan. (thanks BPPK!)
b.     Tiga small pouches ini, dapatnya gratis dari hasil inap2 di hotel pas dinas hahaha ketauan ;)
c.     Toiletries organizer, lagi nge-hits ini beli di tokopedia.
d.     Goody bag kosong, PENTING! Untuk tempat oleh-oleh nanti, saya malas kalau pakai kardus, goody bag kan lebih kece.
e.     Sling bag, untuk barang2 yang gampang diambil, seperti handphone, dompet dan charger.
Contoh berikut ini adalah jalan-jalan ke Lombok (4-8 Februari 2016, 5D4N).

Pada saat packing :

1.     Klasifikasikan baju yang akan dibawa dan dipakai.

Setelah bikin itin kemana aja pas di Lombok, saya membagi dua, yaitu tujuan gunung (Pura dan Air Terjun) dan Pantai. Nah dari sini, saya udah mikirin mix and match baju.
Sehingga saya membawa :
  • 2 midi dress (bukan dress pesta tapi simple dress yang biasanya dibawa ke pantai loh)
  • 3 hot pants
  • 4 kaos
  •  2 tank top
  • underwear secukupnya
  • Handuk
Gerombolan pakaian ini saya lipat sedemikian rupa, ada juga yang digulung (folding or rolling) menyesuaikan, hingga muat dalam pouch merah ini.

Untuk perabotan kecil lainnya, disusun dalam pouch yang berbeda (putih).
2.     Karena saya adalah gadis dengan minus 3, sehingga banyak perlengkapan untuk mata yang saya perlukan mutlak.  

  • Kacamata renang minus
  • Snorkling glasses minus (supaya ikannya kelihatan jelas)
  • Sunglasses minus (supaya penglihatan jelas dan tetap keren)
Gerombolan perkakas ini disusun di pouch broken white.
3.     Toiletries Organizer disusun memadai.

4.     Setelah semua rapi dan dalam pouch. Lalu disusun di dalam backpack dan disesuaikan. Biasanya ada rongga di sisi samping, saya isi dengan botol air lensa kontak dan tongsis. 


5.     Susun barang-barang berharga dan intensitas ambil yang tinggi disling bag.
6.     VOILA! Simple and Light! Siap terbang ke Lombok.


Tips Penting :

1.     Milikilah pouch seperti itu, atau beli bag in bag. Membantu sekali dalam packing yang padat dan rapi.
2.     Pastikan pakaian yang kamu bawa, AKAN DIPAKAI. 
Untuk meminimalisasi, baju tidur, cukup sepotong dibawa khusus untuk 4 malam. Atau baju yang mau dipakai besok, bisa dipakai untuk baju tidur malam sebelumnya. haha

3.     Peralatan mandi seperti sabun, shampoo dkk (perlu kalau nginapnya dengan sewa rumah Airbnb, i.e.) mereka bisa dibeli di Alfamart Lombok, small size, terus nanti ditinggal aja di Lombok, karena kami beli satu botol sabun untuk 4 orang.
4.     Goody bag kosong sangat membantu, jadi kalau bawa oleh-oleh tidak ribet dengan plastik kresek atau kardus (saya menghindari kardus)
Kalau packing kamu bagaimana? Ada trik lainnya?

Happy packing!

Ps. Perjalanan berikutnya aku mau challenge diriku sendiri utk pack lighter lagi!

Update :
Pack lighter, ini contoh aku packing untuk Euro Trip Mei 2016 selama 17 hari.



No comments:

Post a Comment