Sunday 18 August 2019

Gorontalo Trip : Kepulauan Togean dan berenang bersama Whale Shark.

Hai hai pembaca!
Terima kasih sudah mampir di blog Yopita <3
Kali ini aku mau ceritain pengalaman liburan ke Kepulauan Togean tahun 2017 silam..
Semoga bermanfaat :)

Kepulauan Togean merupakan hamparan pulau-pulau yang terdiri 6 pulau besar dan sekitar 60 pulau yang lebih kecil di sekitar Teluk Tomini, Sulawesi. (sumber : Wikipedia)


How to get there :
Dari Jakarta naik pesawat tujuan Gorontalo.
Dari Gorontalo jalan darat menuju Pelabuhan Gorontalo. Kemudian naik kapal ferry Tuna Tomini selama 12 jam menuju Pelabuhan Wakai di Kepulauan Togean. 
Karena kami menginap di Pulau Bolilanga, maka dari Wakai, naik kapal kecil selama 2 jam menuju Pulau Bolilanga atau Bolilanga Resort.
Pelabuhan Wakai adalah point terakhir kamu bisa mendapati sinyal T*lkomsel. Selebihnya, silakan beri kabar kepada orang tersayang anda bahwa anda sedang berlibur di pulau tanpa sinyal, and will be back in 3 days. 

Alternatif penginapan lain adalah Pulau Kadidiri, Pulau Poyolisa, Black Marlin, dll.

Can you spot P. Bolilanga? ini adalah peta Kepulauan Togean yang dibuat di resort kami.




Bolilanga Resort


Pulau Bolilanga (resort)

Aktivitas favorit ya pagi-pagi udah ngeteh aja sambil duduk manis di dermaga. Atau berenang dengan dermaga di kolam renang ciptaan Tuhan yang luas, indah, dan bening. Puas banget pokoknya. Meskipun karangnya tidak banyak di Bolilanga ini, tapi beningnya air yang ditawarkan sangat membeningkan hati dari kepahitan hidup hahaha. 
Cottage


Pemandangan depan resort
Dermaga Bolilanga

Pulau Karina




Ubur-ubur tak menyengat
Puji Tuhan ketemu lagi sama ubur-ubur gak menyengat. Unusual and rare experience. Ada 3 tempat didunia ini yang punya danau ubur2 tak menyengat, Pulau Kakaban di Kalimantan, Kepulauan Togean ini, dan Rock Island di Micronesia.  
Meskipun ini kali kedua berenang bersama stingless jellyfish, tetap aja rasanya menakjubkan banget. Kenyal-kenyal ala jellyfish di SpongeBob Squarepants. Menggemaskan! Di danau ini, ubur-uburnya lebih sedikit daripada di Danau kakaban, Derawan dan danaunya lebih tenang dan sepi.
Asal usul ubur-ubur danau air payau ini adalah dia terperangkap dan mengalami mutasi saat berada di air payau. Kemampuan sengatannya menghilang setelah evolusi selama dekade.

Pulau Papan, Tojo Una-Una
Paling cantik mentereng sih ni Pulau Papan. Dinamakan Pulau papan karena memang Pulau ini membentang jembatan yang terbuat dari papan. Dulu, anak-anak dari kampong seberang yang ingin bersekolah harus mengayuh rakit ke kampong seberangnya. Jadi, dibangunlah jembatan papan ini untuk mengakomodasi anak-anak yang ingin bersekolah supaya bisa jalan kaki saja lewat jembatan ini. 




Whale shark point
bersama hiu paus ini bener2 gak bisa kulupakan.
Whale shark point hanya berjarak 15 menit dari Pelabuhan Gorontalo. Sesampainya di whale shark point, cuma pakai kapal nelayan ajaa dikayuh ke tepian laut. Ternyata hiunya gak jauh ke tengah kok. Mereka berenang dekat dengan limbah pabrik udang. Hiu Paus doyan udang kering. Baru pertama kali itu saya berenang dengan ikan sebesar itu. Kagum dengan ciptaan Tuhan yang satu ini lah. Oiya guys, hiu paus jangan dipegang ya, cukup diliat aja dari dekat. Dan hati-hati dengan ekornya, karena mungkin aja kamu bisa terpental karena gak sengaja ketubruk kepakan ekor.
Hiu Paus ini sangat ramah dan yang pasti gak makan orang. Kerjaannya cuma buka mulut dan menghisap udang kering yang kami taburkan di laut. 
Berenang dan melihat hiu paus sebesar itu dari dekat, (yang pastinya mamakku pasti marah kalau tahu anaknya berenang ama hiu (paus)) , aku bersyukuuuuuur banget masih dikasi kesempatan punya badan yang fit dan keberanian untuk mendekat ke hewan cantik itu.
Akkk..pengen lagi dong berenang bareng hiu paus.


California Reef
Seperti namanya, Taman nasional Kepulauan Togean. Jadi, California Reff ini ada 4 spot. Terumbu karangnya sungguh menakjubkan, indah dan berwarna. Gak pernah ragu dengan keindahan terumbu karang di Sulawesi. Semoga taman nasional ini bisa selalu dijaga dengan baik, dijauhkan dari wisatawan yang merusak terumu karang dan jauh-jauh dari penangkapan ikan dengan metode illegal. Amin… hidup bu Susi! #loh

Keindahan bawah laut Kepulauan Togean, bisa kamu lihat di video teman perjalanan saya ini guys~

Terima kasih sudah mampir di blog akuuu <3
Yuk jelajah Indonesia~
Actually, kangen jelajah Indonesia sebelum tiket naik dua kali lipat kayak 2019 ini... :(

Catatan kecil:
1. Sedikit review, saya kurang suka dengan pelayanan di Bolilanga, ignorance tingkat tinggi terhadap kebutuhan customer. Contoh, masak pas kami nyampe, sarapannya udah gak  ada lagi. Katanya mau dibeliin Indomie, nyatanya NIHIL. Gak hanya itu, ada juga beberapa hal lain yang sebenarnya aku malas banget ya nyeritain review jelek haha.
2. Pada tahun 2018, biaya perjalanan menghabiskan sekitar 5-6 juta termasuk tiket pesawat ya..

No comments:

Post a Comment